Pengertian E-Busines
E-bisnis (Inggris: Electronic
Business, atau "E-business") adalah kegiatan bisnis yang dilakukan
secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem
informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner.
Model e-Business
Adapun model
– model E- business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :
1.
Virtual Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa secara online,
sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti
jasa posdan kurir.
2.
Marketplace Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan
jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral.
Pembeli dapat mencari, membanding – bandingkan dan kadangkala juga
melakukan transaksi pembelian.
3.
Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga
dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun
nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.
4.
Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat
pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.
5.
Electronic Clearinghouses, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang
produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada
reaksi konsumen.
6.
Reverse auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual
untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi
oleh pembeli.
7.
Digital Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak,
multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet
8.
Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan.
Jenis E-Business
Karakteristik
Ø B2C (Business
to Customer)
·
Antar organisasi dan perorangan
·
Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
·
Transaksi satu waktu (tidak sering terjadi)
·
Secara relatif sederhana
Ø B2B
(Business to Business),
Ø B2G
(Business to Government), serta
Ø B2E
(Business to Education) • Antar – Organisasi
·
Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
·
Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
·
Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
·
Lebih kompleks
4
(Empat) Faktor-Faktor keberhasilan E-Business
1.
E-business dan strategi organisasi. Nilai strategis untuk melakukan
implementasu e-business tergantung pada tingkat sejauh mana proses
tersebut dapat membantu organisasi mengimplementasikan dan mencapai strategi
keseluruhan.
2.
Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli
dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan
membandingkan harga. Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit
organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan
organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai
produk.
3.
Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi
tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi
operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara
signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas
ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
4.
Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci
tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi
melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya
satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih tepat waktu
tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan
jumlah persediaan yang ditanggungnya.
5.
Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di
Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan
ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat
mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi
jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat- menyurat atau
pengiriman faks.
6.
Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan
meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
http://okagn.wordpress.com/2009/12/16/catatan-kuliah-ksi-lanjut-1-peranan-internet-dalam-e-business/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar